Tentang Kami

Pengikut

Senin, 09 Mei 2011

problematika remaja


Ilustrasi 1: Murid sering bolos
Hari Senin yg indah, dengan cuaca yg cerah dan hangat, memulai aktifitas belajar-mengajar.

Andi : Assalamualaikum

Coker: walaikum salam

Andi: kok masih nongkrong sihh? Ga masuk ke kelas?


Coker: males gw bro
Andi : males knp ker??
Coker: mata pelajaran hari ini berat mas bro, fisika, kimia, itu pelajaran mampet di otak w.

Andi: yaelah lo bro, klo lo ga bias sama pelajaran itu ya jangan ditinggalin bro,  justru lo harus tetep  
                pelajari meski ga masuk di otak lo, dank lo lo ga ngerti lo Tanya sama guru atau ga lo Tanya sama
                temen lo yg pinter

Coker: ya tetap ga bisa mas bro, yaudahlah lo masuk aja gihh sana.

Andi: yaudah deh, w masuk dulu ya. Wassalamualaikum

Coker: waalaykum salam.

Hhhmm, Itu adalah bagian kecil dari permasalahan yg sering dihadapi oleh para orang tua.
 
"Keutamaan orang berilmu dibanding ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan purnama dibanding semua bintang. Sesungguhnya ulama itu pewaris Nabi. Seorang Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, akan tetapi ia mewariskan ilmu. Barangsiapa mengambilnya maka ia telah mengambil bagian yang banyak." (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan disahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami', No 4212)

Dalam islam kita diwajibkan untuk menuntut ilmu
"Menuntut ilmu adalah wajib bagi seorang muslim." (HR. Muslim)


Kalau kita lihat kedalam diri kita lagi, sebenarnya kita diciptakan Oleh Allah Subhannahu wataala, didunia itu untuk apa?? Kita diciptakan Oleh Allah untuk beribadah kepadaNya, untuk tunduk dan patuh dengan larangannya.
Salah satu bentuk ibadah kepada Allah selain shalat,puasa,zakat, itu adalah menuntut ilmu, membebaskan diri kita dari kebodohan.

Ilmu itu tidak akan datang sendiri, ilmu itu harus dicari, islam mengajarkan untuk tetap terus menuntut ilmu sampai kita masuk kedalam liang lahat.

"Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Surga." (HR. Muslim)

 Kenapa sulit memahami pelajaran atau mengerti ilmu??
Ada beberapa faktor yg membuat ilmu itu sulit untuk kita pahami
1.Maksiat
                Maksiat itu perbuatan yg tidak disukai Allah dan Allah  tidak akan  menurunkan ilmunya kpd orang-orang yg sering bermaksiat kpdNya
2. Durhaka kepada orang Tua
                Ridho orang tua adalah ridho Allah, jadi siapa yg durhaka kpd orang tua maka ia mendatangkan murka Allah kepada dirinya.

Tips  Agar kita mudah menerima pelajaran

Mengerjakan shalat 5 waktu
2.       Mengerjakan shalat Tahajud
3.       Wudhu sebelum berangkat ke majelis ilmu
4.       Menjaga diri kita dari perbuatan maksiat




*Kang Syaiful qirom*




0 komentar:

Posting Komentar

Anda Perlu Informasi? Atau Anda Ingin Berkomentar? Silahkan Tulis Disini. Komentar yang dimuat hanya yang memenuhi syarat: bukan perdebatan, bukan gunjingan, kalimat yang sopan, dan bermanfaat bagi umat... Dan Maaf Kami Tidak Melayani Perdebatan.

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger